Article Detail

Tim Riset SMA Tarakanita Eksplorasi Teknologi Game, Pangan, dan AI di UNIKA Atma Jaya

TANGERANG SELATAN - Dalam upaya memberikan pengalaman pembelajaran langsung kepada peserta didik tentang dunia perguruan tinggi, Tim Riset SMA Tarakanita Citra Raya mengikuti serangkaian kegiatan Campus Sit-In di Universitas Katolik Atma Jaya BSD. Program ini dilaksanakan dalam tiga sesi berbeda dengan tema yang beragam, mulai dari teknologi game, teknologi pangan, hingga artificial intelligence.

Eksplorasi Dunia Game dan Sistem Informasi

Kegiatan pertama dilaksanakan pada Kamis, 5 Juni 2025, pukul 10.00-12.00 WIB dengan tema "Programming Pembuatan Game" yang dipandu oleh Program Studi Sistem Informasi. Di era perkembangan teknologi yang pesat ini, kebutuhan dalam bidang teknologi semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Generasi muda tidak ingin ketinggalan untuk ikut berkontribusi dalam perkembangan ini, salah satunya melalui pembuatan game.

Game telah menjadi salah satu bidang teknologi yang digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa di seluruh dunia. Tim Riset disambut hangat oleh narasumber dan fasilitator dari Program Studi Sistem Informasi, yaitu Bapak Julius Bata (dosen Sistem Informasi UNIKA Atma Jaya) dan Kei Gunawan (fasilitator).

Sebelum memasuki materi utama, peserta mendapat kesempatan untuk mencoba salah satu karya Kak Kei, yaitu game prototipe bernama "Little Bird". Bapak Julius kemudian memaparkan bahwa game harus memiliki tujuan yang harus dicapai oleh pemain (win condition), rintangan dalam mencapai tujuan tersebut, serta penyampaian cara bermain secara tersirat dan tersurat.

Setelah pemaparan materi, peserta langsung diberi kesempatan berharga untuk mencoba membuat game sendiri menggunakan program Kodu dengan model 3D. Peserta dibagi menjadi beberapa tim yang terdiri dari 2-3 orang. Dalam praktik nilai kreativitas, setiap tim membuat game yang berbeda-beda. Di sela-sela pembuatan game, narasumber juga menyisipkan pengetahuan tentang aplikasi yang sering digunakan dalam pembuatan game.

Praktikum Transfer Panas dalam Pembuatan Cookies

Kegiatan kedua berlangsung pada hari yang sama, Kamis, 5 Juni 2025, pukul 13.00-16.00 WIB dengan tema "Transfer Panas pada Pembuatan Cookies (Analisis Karakteristik Cookies yang Dihasilkan)" di bidang Teknologi Pangan. Dalam sesi ini, peserta mendapatkan pengalaman langsung bersama mahasiswa Atma Jaya dalam mengikuti praktikum.

Peserta diajarkan mengenai prosedur pembuatan hard cookies dan prinsip dasar konduksi, konveksi, dan radiasi panas dalam proses pemanggangan. Melalui eksperimen langsung, peserta dapat mengamati bagaimana teknik pemanasan yang berbeda (panas atas, atas-bawah, dan bawah) memengaruhi tekstur dan warna cookies yang dihasilkan menggunakan fasilitas yang telah disediakan oleh kakak-kakak pemandu.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman akademis, tetapi juga bertujuan memperkenalkan peserta pada suasana belajar di tingkat perguruan tinggi serta menumbuhkan minat terhadap bidang pangan dan teknologi.

Integrasi Artificial Intelligence dalam Sistem Informasi

Program Campus Sit-In fase kedua diselenggarakan pada Rabu, 11 Juni 2025, pukul 10.00-12.00 WIB dengan tema "Belajar AI dan Bagaimana Integrasinya ke dalam Sistem Informasi". Kegiatan ini mengajak peserta untuk merasakan langsung bagaimana menjadi mahasiswa Atma Jaya dengan belajar bersama mahasiswa Jurusan Sistem Informasi.

Peserta mempelajari bagaimana pembuatan sistem informasi dengan AI sebagai decision support system. Mereka dapat secara langsung mempelajari definisi sistem informasi dan tahapan-tahapan yang perlu dilalui dalam pembuatan suatu sistem hingga dapat dipublikasikan dan digunakan oleh pengguna.

Peserta juga diajak untuk mempelajari perbedaan antara sistem informasi konvensional dengan sistem informasi cerdas, serta bagaimana dan kapan sistem informasi cerdas harus digunakan. Tak sekadar mempelajari teori, peserta dapat langsung melihat contoh sistem informasi cerdas yang telah dibuat oleh salah satu mahasiswa Atma Jaya dan mencoba menjalankannya.

Selain melihat pembuatan sistem informasi dari sisi developer, peserta juga merasakan bagaimana menjadi Quality Assurance melalui pencarian bug dari game yang telah disediakan oleh dosen pembimbing dan melaporkannya dalam bentuk laporan tertulis.

Kunjungan Laboratorium Robotika

Setelah merasakan pengalaman menjadi mahasiswa di Atma Jaya, peserta diajak mengunjungi laboratorium robotika. Dengan panduan dari dosen-dosen Atma Jaya, peserta ditunjukkan dan dijelaskan fasilitas yang diberikan oleh kampus untuk pembelajaran serta pengembangan mahasiswa.

Peserta juga diperlihatkan karya-karya robotika dari mahasiswa Atma Jaya Teknik Elektro beserta penjelasan mengenai cara kerja dari karya-karya tersebut. Salah satu karya menarik yang dipamerkan adalah alat pendeteksi aktivitas dan pola makan-minum hewan peliharaan yang merupakan tugas akhir mahasiswa Atma Jaya.

Dampak dan Manfaat Program

Program Campus Sit-In Atma Jaya ini tidak hanya memberikan wawasan yang lebih luas kepada peserta didik, tetapi juga memberikan pengalaman langsung menjadi mahasiswa Atma Jaya jurusan Sistem Informasi. Hal ini memungkinkan peserta memiliki gambaran yang jelas mengenai kehidupan perkuliahan di masa mendatang.

Dengan suasana, narasumber, dan fasilitator yang hangat dan ramah, seluruh peserta sangat menikmati rangkaian kegiatan Campus Sit-In ini. Tim Riset juga menunjukkan antusiasme tinggi dalam mengikuti setiap kegiatan yang diselenggarakan.

Kegiatan Campus Sit-In yang didampingi oleh Program Studi Sistem Informasi dan Teknologi Pangan ini menjadi pengalaman yang sangat berkesan bagi seluruh peserta. Diharapkan wawasan yang telah diperoleh melalui program ini dapat mendorong perkembangan akademik peserta didik untuk masa depan yang lebih baik.

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment