Article Detail
Tim Riset SMA Tarakanita Eksplorasi Teknologi Game, Pangan, dan AI di UNIKA Atma Jaya
TANGERANG
SELATAN - Dalam
upaya memberikan pengalaman pembelajaran langsung kepada peserta didik tentang
dunia perguruan tinggi, Tim Riset SMA Tarakanita Citra Raya mengikuti
serangkaian kegiatan Campus Sit-In di Universitas Katolik Atma Jaya BSD.
Program ini dilaksanakan dalam tiga sesi berbeda dengan tema yang beragam,
mulai dari teknologi game, teknologi pangan, hingga artificial intelligence.
Eksplorasi
Dunia Game dan Sistem Informasi
Kegiatan
pertama dilaksanakan pada Kamis, 5 Juni 2025, pukul 10.00-12.00 WIB dengan tema
"Programming Pembuatan Game" yang dipandu oleh Program Studi Sistem
Informasi. Di era perkembangan teknologi yang pesat ini, kebutuhan dalam bidang
teknologi semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Generasi muda tidak
ingin ketinggalan untuk ikut berkontribusi dalam perkembangan ini, salah
satunya melalui pembuatan game.
Game
telah menjadi salah satu bidang teknologi yang digemari oleh masyarakat dari
berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa di seluruh dunia.
Tim Riset disambut hangat oleh narasumber dan fasilitator dari Program Studi
Sistem Informasi, yaitu Bapak Julius Bata (dosen Sistem Informasi UNIKA Atma
Jaya) dan Kei Gunawan (fasilitator).
Sebelum
memasuki materi utama, peserta mendapat kesempatan untuk mencoba salah satu
karya Kak Kei, yaitu game prototipe bernama "Little Bird". Bapak
Julius kemudian memaparkan bahwa game harus memiliki tujuan yang harus dicapai
oleh pemain (win condition), rintangan dalam mencapai tujuan tersebut, serta
penyampaian cara bermain secara tersirat dan tersurat.
Setelah
pemaparan materi, peserta langsung diberi kesempatan berharga untuk mencoba
membuat game sendiri menggunakan program Kodu dengan model 3D. Peserta dibagi
menjadi beberapa tim yang terdiri dari 2-3 orang. Dalam praktik nilai
kreativitas, setiap tim membuat game yang berbeda-beda. Di sela-sela pembuatan
game, narasumber juga menyisipkan pengetahuan tentang aplikasi yang sering
digunakan dalam pembuatan game.
Praktikum
Transfer Panas dalam Pembuatan Cookies
Kegiatan
kedua berlangsung pada hari yang sama, Kamis, 5 Juni 2025, pukul 13.00-16.00
WIB dengan tema "Transfer Panas pada Pembuatan Cookies (Analisis
Karakteristik Cookies yang Dihasilkan)" di bidang Teknologi Pangan. Dalam
sesi ini, peserta mendapatkan pengalaman langsung bersama mahasiswa Atma Jaya
dalam mengikuti praktikum.
Peserta
diajarkan mengenai prosedur pembuatan hard cookies dan prinsip dasar konduksi,
konveksi, dan radiasi panas dalam proses pemanggangan. Melalui eksperimen
langsung, peserta dapat mengamati bagaimana teknik pemanasan yang berbeda
(panas atas, atas-bawah, dan bawah) memengaruhi tekstur dan warna cookies yang
dihasilkan menggunakan fasilitas yang telah disediakan oleh kakak-kakak
pemandu.
Kegiatan
ini tidak hanya memberikan pengalaman akademis, tetapi juga bertujuan
memperkenalkan peserta pada suasana belajar di tingkat perguruan tinggi serta
menumbuhkan minat terhadap bidang pangan dan teknologi.
Integrasi
Artificial Intelligence dalam Sistem Informasi
Program
Campus Sit-In fase kedua diselenggarakan pada Rabu, 11 Juni 2025, pukul
10.00-12.00 WIB dengan tema "Belajar AI dan Bagaimana Integrasinya ke
dalam Sistem Informasi". Kegiatan ini mengajak peserta untuk merasakan
langsung bagaimana menjadi mahasiswa Atma Jaya dengan belajar bersama mahasiswa
Jurusan Sistem Informasi.
Peserta
mempelajari bagaimana pembuatan sistem informasi dengan AI sebagai decision
support system. Mereka dapat secara langsung mempelajari definisi sistem
informasi dan tahapan-tahapan yang perlu dilalui dalam pembuatan suatu sistem
hingga dapat dipublikasikan dan digunakan oleh pengguna.
Peserta
juga diajak untuk mempelajari perbedaan antara sistem informasi konvensional
dengan sistem informasi cerdas, serta bagaimana dan kapan sistem informasi
cerdas harus digunakan. Tak sekadar mempelajari teori, peserta dapat langsung
melihat contoh sistem informasi cerdas yang telah dibuat oleh salah satu
mahasiswa Atma Jaya dan mencoba menjalankannya.
Selain
melihat pembuatan sistem informasi dari sisi developer, peserta juga merasakan
bagaimana menjadi Quality Assurance melalui pencarian bug dari game yang telah
disediakan oleh dosen pembimbing dan melaporkannya dalam bentuk laporan
tertulis.
Kunjungan
Laboratorium Robotika
Setelah
merasakan pengalaman menjadi mahasiswa di Atma Jaya, peserta diajak mengunjungi
laboratorium robotika. Dengan panduan dari dosen-dosen Atma Jaya, peserta
ditunjukkan dan dijelaskan fasilitas yang diberikan oleh kampus untuk
pembelajaran serta pengembangan mahasiswa.
Peserta
juga diperlihatkan karya-karya robotika dari mahasiswa Atma Jaya Teknik Elektro
beserta penjelasan mengenai cara kerja dari karya-karya tersebut. Salah satu
karya menarik yang dipamerkan adalah alat pendeteksi aktivitas dan pola
makan-minum hewan peliharaan yang merupakan tugas akhir mahasiswa Atma Jaya.
Dampak
dan Manfaat Program
Program
Campus Sit-In Atma Jaya ini tidak hanya memberikan wawasan yang lebih luas
kepada peserta didik, tetapi juga memberikan pengalaman langsung menjadi
mahasiswa Atma Jaya jurusan Sistem Informasi. Hal ini memungkinkan peserta
memiliki gambaran yang jelas mengenai kehidupan perkuliahan di masa mendatang.
Dengan
suasana, narasumber, dan fasilitator yang hangat dan ramah, seluruh peserta
sangat menikmati rangkaian kegiatan Campus Sit-In ini. Tim Riset juga
menunjukkan antusiasme tinggi dalam mengikuti setiap kegiatan yang
diselenggarakan.
Kegiatan
Campus Sit-In yang didampingi oleh Program Studi Sistem Informasi dan Teknologi
Pangan ini menjadi pengalaman yang sangat berkesan bagi seluruh peserta.
Diharapkan wawasan yang telah diperoleh melalui program ini dapat mendorong
perkembangan akademik peserta didik untuk masa depan yang lebih baik.
-
there are no comments yet