Article Detail

Growing the brotherhood

Tarcittt!! Nang ning, ning nang woy!!! Beberapa hari yang lalu yel-yel itu menggema
disetiap kegiatan yang diadakan SMA Tarakanita Citra. Rabu, 22 Juli 2015 dimulai rangkaian
kegiatan MOPDB sekaligus sebagai tanda dimulainya awal tahun pembelajaran baru.
Mengusung tema Growing the brotherhood, kegiatan MOPBD kali ini bertujuan untuk
menumbuhkan semangat persaudaraan antar siswa kelas X dan juga pengenalan budaya
brotherhood di lingkungan SMA Tarakanita Citra Raya.
Jika di sekolah lain, MOPDB hanya identik dengan kegiatan bagi siswa baru, tapi tidak di
SMA Tarakanita Citra Raya. Setelah dua hari, terhitung dari hari Rabu dan Kamis, 22 dan 23
Juli 2015 siswa kelas X diajak untuk lebih mengenal sekolah baru mereka, baik tata tertib,
budaya, dan iklim SMA. Pada hari ketiga MOPDB, yaitu hari Jumat 24 Juli 2015. Siswa kelas X
diajak bergabung dengan siswa kelas XI dan XII bersama-sama mengikuti blok pramuka.
Kegiatan menjelajah mencari pos pramuka dengan rute mengeliling komplek Citra Raya
diharapkan mampu menempa anak-anak untuk lebih mengenal Cc5 sebagai napas hidup SMA
Tarakanita.
Siswa dibagi menjadi 25 kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas 10 orang.
Setiap kelompok harus melewati 6 pos yang sudah ada. Enam pos tersebut adalah pos KPKC,
pos Competence, pos Celebration, pos, Creativity, pos Community, dan yang Conviction. Di
masing-masing pos setiap kelompok diberi tugas yang merupakan cerminan dari Cc5 tersebut,
seperti di pos Comptence siswa harus mampu membaca sandi pramuka yang telah ditentukan, di
pos Creativity siswa dituntut mampu membuat hasil karya dari sampah yang telah dikumpulkan
selama perjalanan, di pos Community siswa diajak bekerja sama dalam permainan. MOPBD
yang dikemas dalam kegiatan blok pramuka ini secara garis besar bertujuan untuk mengakrabkan
seluruh siswa SMA Tarakanita melalui budaya brotherhood sekaligus mematahkan stigma
senioritas dan junioritas dalam sekolah. Kami satu keluarga, kami bersaudara. Salam Tarakanita!
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment