Article Detail

Penerapan Cabang Ilmu Fisika dalam Penelitian Ilmiah

Fisika adalah satu cabang ilmu alam yang mempelajari mengenai zat dan energi yang mencakup energi panas, energi listrik, bunyi, dan energi lainnya. Sebagai salah satu cabang ilmu, fisika juga mempelajari gerak dan perilakunya. Oleh karena itu, Fisika hingga sekarang tetap menjadi salah satu ilmu yang menarik untuk diselidiki. Meneliti objek-objek yang merupakan kajian Fisika masih menjadi favorit bagi pelajar baik dari jenjang terkecil tingkat sekolah dasar hingga SMA. Demikianpun halnya dengan peserta didik SMA Tarakanita Citra Raya yang memiliki minat yang tinngi untuk mendalam bidang ilmu fisika dan penerapannya dalam berbagai penelitian ilmiah. Ibu Lusia Tatik Kartikawati, S.Pd yang merupakan guru Fisika di SMA Tarakanita Citra Raya memiliki pengalaman luar biasa dalam pendampingan penelitian ilmiah hingga menjuarai tingkat Internasional. Menurut Ibu Tika selama beliau mengajar, bidang fisika menjadi salah satu cabang ilmu yang dipilih oleh peserta didik untuk melakukan penelitian. Peserta yang terlibat dalam penelitian ini berasal dari semua jenjang SMA, dari kelas X hingga kelas XII. Keikutsertaan peserta didik dalam penelitian ini karena adanya inisiatif pribadi, dan juga beberapa yang ditunjuk secara lansung atas pertimbangan kemampuan mereka. Selama proses pendampingan penelitian, terkadang muncul hambatan-hambatan yang senantiasa muncul. Tetapi sejauh ini di dalam penelitian masih bisa diatasi dengan baik, dan apabila ada kesulitan dalam penelitian biasanya Ibu Tika meminta bantuan kepada rekan sejawat. Adapun topik-topik menarik yang diangkat oleh peserta didik dalam penelitian ilmiah yaitu energi, konversi energi, dan lingkungan.

Motivasi peserta didik di awal sebelum penelitian berlangsung sangat penting, oleh karena itu Ibu Tika senantiasa memberikan dorongan dan motivasi kepada peserta didik dengan memberikan berbagai  referensi tentang penelitian yang menarik, juga mengajak peserta didik untuk memilih dan mencari objek-objek menarik yang ada di sekitarnya yang dapat dijadikan sebagai objek penelitian. Selain di awal penelitian, motivasi juga penting selama proses penelitian berlangsung. Untuk mendorong motivasi para calon peneliti-peneliti muda ini, sebagai seorang pendamping mendukung selama proses penelitian, seperti memberikan ide, saran, pengembangan, dan menindaklanjuti selama proses penelitian itu amat penting. Sehingga peserta didik tidak merasa sendiri dalam melakukan penelitian. Kata-kata motivasi yang selalu disampaikan oleh Bu Tika kepada anak-anak yang didampingi adalah, “tetap semangat selama proses penelitian, do your best”.

Dalam proses pendampingan, sudah banyak prestasi-prestasi yang diperoleh peserta didik, seperti prestasi dari berbagai lomba penelitian, seperti Ostarnas Wilayah Tangerang, Lomba Peneliti Belia, juga lomba-lomba yang diselenggarakan oleh universitas, dan lomba-lomba berskala Nasional dan internasional.

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment