Article Detail

Analisis Pengaruh Tren Saham terhadap Generasi Z di SMA Tarakanita Citra Raya

Analisis Pengaruh Tren Saham terhadap Generasi Z di SMA Tarakanita Citra Raya


STUDI KASUS PERILAKU INVESTASI PESERTA DIDIK

Samuel William Kurniawan dan Robbie William Pronodjojo

samuelcowo12@gmail.com, robbiewilliamp@gmail.com

LATAR BELAKANG

Masyarakat Indonesia semakin tertarik untuk berinvestasi, khususnya dalam bidang saham, yang didorong oleh faktor pendukung seperti perkembangan internet yang cepat dan mudah diakses. Peningkatan minat masyarakat dalam berinvestasi juga dapat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi yang tidak pasti terkait dengan pandemi COVID-19. Hal ini dibuktikan oleh data statisti publik yang disampaikan Pusat Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada Januari 2021 menunjukkan adanya peningkatan sebesar 53,41%, angka ini masih lebih rendah dibandingkan angka pada akhir tahun 2019 hingga tahun 2020. Hingga akhir tahun 2020, jumlah investor telah mencapai 3.880.753 investor, meski pandemi masih berlanjut.

Hal ini menandakan bahwa perdagangan di pasar modal merupakan pilihan masyarakat dan bukan bisnis riil yang sedang terpuruk di masa pandemi ini akibat pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Lalu adanya peningkatan pada ststistik penelusuran mengenai saham di Google Trends dan adanya trending pada tagar saham di TikTok juga menunjukkan minat yang tinggi dalam topik saham. Kenaikan topik saham yang menjadi tren ini dapat menimbulkan perilaku FOMO ( Fear of Missing Out ), namun juga membawa pengaruh positif seperti masyarakat yang lebih terbuka akan investasi yang selaras dengan adanya data peningkatan oleh KSEI.

TUJUAN

Berdasarkan rumusan masalah di atas bisa dirumuskan bahwa tujuan pokok penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari adanya tren mengenai saham terhadap perilaku investasi para generasi Z di SMA Tarakanita Citra Raya.

HASIL dan PEMBAHASAN

  1. Tren saham memengaruhi perilaku investasi generasi Z di SMA Tarakanita Citra Raya, dengan 6 dari 7 narasumber merasa lebih tertarik setelah melihat konten saham online. Hanya narasumber V yang sudah berinvestasi sejak SMP dan tidak terpengaruh oleh tren saham saat ini.
  2. Tren saham banyak berpengaruh terhadap perilaku investasi generasi Z di SMA Tarakanita Citra Raya, mendorong mereka untuk mempelajari cara berinvestasi setelah tertarik oleh konten saham online, seperti yang diungkapkan oleh narasumber J, B, C, N, A, dan R. Bahkan beberapa di antara mereka, yaitu B, A, dan R, telah memulai investasi saham berkat pengaruh tren saham di internet.
  3. Selain tren saham, faktor lain yang memengaruhi perilaku investasi generasi Z adalah pengaruh dari orang-orang di sekitarnya, sepeti saudara, seperti yang diungkapkan oleh narasumber A yang direkomendasikan oleh saudaranya untuk berinvestasi setelah memiliki uang dan menjadi lebih mengenal dunia investasi.
  4. Masa pandemi COVID-19 dan PSBB di Indonesia memberikan sebagian besar peserta didik waktu yang lebih fleksibel untuk mempelajari dan mulai berinvestasi di pasar saham, sejalan dengan pernyataan narasumber R, V, dan B yang mencatat bahwa peluang waktu selama PSBB dapat dimanfaatkan untuk aktivitas ini, termasuk pemantauan dan analisis pasar saham.
  5. Masa pandemi COVID-19 atau pasca pandemi COVID-19 menjadi momentum bagi peserta didik untuk mulai mempelajari dan berinvestasi di pasar saham, berkat sekolah daring yang fleksibel dan peningkatan penggunaan teknologi. Hal ini terungkap melalui pernyataan narasumber V, B, N, A, dan J.

KESIMPULAN 

  1. Tren saham memengaruhi perilaku investasi generasi Z di SMA Tarakanita Citra Raya.
  2. Sebagian besar siswa mulai berinvestasi atau meningkatkan pengetahuan mereka tentang saham sebagai respons terhadap tren saham di internet.
  3. Rekomendasi dari orang-orang terdekat, seperti kerabat, memengaruhi keputusan investasi siswa.

SARAN

Untuk penelitian di masa depan, disarankan agar terus memperhatikan perubahan dalam perilaku investasi mahasiswa dari waktu ke waktu, mengingat lingkungan investasi yang terus berkembang. Selain itu, perlu juga untuk menginvestigasi bagaimana tren saham ini dapat mempengaruhi kesejahteraan finansial mereka dalam jangka panjang. Dengan pemahaman yang lebih mendalam dapat mengembangkan strategi pendidikan dan pelatihan yang lebih efektif untuk membantu mereka mengelola keuangan mereka dengan bijak dan berinvestasi dengan lebih baik di masa depan.

DAFTAR PUSTAKA

(1) Saputra, N.D., Kowi, M.N.H., Aini, F.Q., Fatmawati, Heni {2022}. Penggunaan Big Data Melalui Analisis Google Trends Untuk Mengetahui Minat Maasyarakat Terhadap Saham Di Indonesia Jurnal seminar nasional hasil riset dan pengabdian, 5(1), E-ISSN: 2776-5105: 31-32.https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/292 [29 Juli 2023]

(2) Fadly, S.R. [2021]. Aktivitas Pasar Modal Indonesia DI Era Pandemi. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpkni-kupang/baca-artikel/13817/Aktivitas-Pasar-Modal-Indonesia-Di-Era-Pandemi.html [29 Juli 2023]


Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment